sajak sajak kehidupan

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Minggu, 11 Oktober 2020

latihan Soal kelas 4 Tema 3

 

Soal latihan kelas 4 SD

1.Sebutkan bagian-bagian pada tumbuhan!

2.Sebutkan 3 akar serabut dan akar tunggang pada tumbuhan!

3.sebutkan 2 fungsi dari daun pada tumbuhan!

4.apa itu ekolokasi dan pada hewan apa!

5.Apa fungsi selaput pada kaki bebek!

6.Sebutkan 3 ciri khusus pada hewan trenggiling!

Rabu, 07 Oktober 2020

Soal FPB dan KPK

 

Contoh pengerjaan

Tentukan FPB dari 4, 8, 12

Lebih bagus dengan menggunakan pohon faktornya

4=2x2

8=2x2x2

12=2x2x3

Fpb dari, 4,8,12 adalah 2x2=4

Tentukan KPK dari 4 dan 12

4=2x2

12=2x2x3

KPK dari  4 dan 12 adalah 2x2x3 = 12

1.Tentukan FPB dari 20 dan 30 adalah ….

2. Tentukan FPB dari 21 dan 35 adalah ….

3. Tentukan FPB dari 36 dan 54 adalah ….

4. Tentukan KPK dari 16 dan 40 adalah ….

5. Tentukan KPK dari 10, 15 dan 25 adalah ….

Selasa, 06 Oktober 2020

Ciri Kusus Makluk Hidup

 

   1.Ciri Khusus Bebek
Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur. Makanan bebek ialah cacing. Ternyata, bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Paruh tersebut digunakan untuk menyaring makanan dari air. Kaki berselaput juga dimiliki angsa. Sementara, ayam tidak memiliki jari berselaput. Ayam hidup dan mencari makan di darat saja.

Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.

2. Ciri Khusus Unta
Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup. Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir. Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Kaki unta memiliki ukuran besar untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.

3.  Ciri khusus pada kucing.

Kucing memiliki mata yang dapat menyala saat terkena cahaya pada malam hari. Kucing bergigi taring tajam karena pemakan daging. Kucing memiliki cakar yang tajam dan kuat untuk menangkap dan membunuh mangsanya. Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat di dalam daun telinganya, sehingga jika jatuh dari ketinggian kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri.

4.    Ciri khusus pada landak.

Landak memiliki bulu berbentuk duri yang tajam dan kuat. Duri-duri itu akan berdiri saat landak menghadapi ancaman dari predator. Dan jika berhasil menancapkan bulunya, maka lawannya akan terluka, bahkan durinya tersebut akan menancap dan menempel di tubuh lawannya. Landak adalah hewan pengerat yang sering tinggal dilubang-lubang tanah.

5.    Ciri khusus pada ikan cumi.

Ikan cumi memili tentakel yang berotot lentur dapat mengkerut dan memanjang sehingga dapat bergerak dengan cepat. Cumi-cumi dapat mengeluarkan tinta berwarna pekat. Cumi-cumi juka mampu memancarkan cahaya warna-warni pada tubuhnya, fungsinya untuk memikil mangsanya agar mendekat untuk kemudian dapat dengan mudah ditangkap dan dimangsa olehnya.

6.      Ciri khusus burung hantu.

Burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam dan peka untuk menemukan mangsanya di malam hari. Memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga tidak terdengar saat terbang, dengan demikian ia dapat menyambar mangsanya secara diam-diam. Mempunyai leher yang lentur yang dapat berputar 180 derajat, sehingga dapat melihat mangsanya yang ada di belakang.

7.      Ciri khusus semut.

Semut memiliki ciri khusus pada dua antene di kepalanya, dengan antene tersebut semut dapat menyentuh, membau dan merasakan getaran bunyi. Sedangkan mulut pada semut dipergunakan untuk mengecap. Semut berkomunikasi dengan semut lain dengan antenanya. Semut juga dapat mengeluarkan bau khusus untuk menyatakan bahaya atau letakan dimana terdapat makanan.

8.      Ciri khusus trenggiling.

Trenggiling memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap/semut dari sarangnya Tidak memiliki gigi, tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yang dapat dijulurkan untuk memperdaya mangsanya Memiliki sisik yang tebal dan keras, dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri

9.      Ciri khusus pada landak.

 Landak memiliki bulu berbentuk duri yang tajam dan kuat. Duri-duri itu akan berdiri saat landak menghadapi ancaman dari predator. Dan jika berhasil menancapkan bulunya, maka lawannya akan terluka, bahkan durinya tersebut akan menancap dan menempel di tubuh lawannya. Landak adalah hewan pengerat yang sering tinggal dilubang-lubang tanah.

Kamis, 01 Oktober 2020

Kunci Jawaban Matematika dan Tematikhari kamis

 

Kunci jawaban Matematika dan tematik

1.     Yang termasuk satuan panjang baku adalah ….
a. meteran            c. meter
b. Penggaris          d. tongkat
jawaban :
c. Meter

2.     5 km = …. dm
a. 50 c. 5.000
b. 500 d. 50.000
jawaban :
{km ke dm turun 4 tingkat, maka di kali 10.000}
5 km = 5 x 10.000 = 50.000
(d. 50.000)

3.     25cm + 6 mm = … mm
a. 31           c. 2.560
b. 256         d. 6.500
jawaban :
{cm ke mm turun 1 tingkat, maka di kali 10}
25 cm = 25 x 10 = 250 mm
6 mm = 6 mm
jadi, 250mm + 6 mm = 256 mm
(b. 256)

4.     6 km + 400 m= …. m
a. 6.004      c. 6.400
b. 6.040      d. 10.000
jawaban :
{km ke m turun 3 tingkat, maka dikali 1.000}
6 km = 6 x 1000 = 6000 km
400 m = 400 m
jadi, 6.000 + 400 = 6.400 m
(c.6.400)

5.     40 dam + 100 dm = …. m
a. 401         c. 4.010
b. 410         d. 4.100
jawaban :
{dam ke m turun 1 tingkat, maka di kali 10}
40 dam = 40 x 10 = 400 m
{dm ke m naik satu tingkat, maka dibagi 10}
100 dm = 100 : 10 = 10 m
jadi, 400 m + 10 m = 410 m
(b. 410)

6.     3 km + 4 hm = ….. m
a. 3.400      c. 4.010
b. 340         d. 4.100
jawaban :
{km ke m turun 3 tingkat, maka di kali 1000}
3 km = 3 x 1.000 = 3.000 m
{hm ke m turun 2 tingkat, maka dikali 100}
4 hm = 4 x 100 = 400 m
jadi, 3.00 m + 400 m = 3.400 m
(a. 3.400)

7.     Yang termasuk satuan berat baku adalah …
a. timbangan        c. kepal
b. gram                 d. anak timbangan
jawaban :
(a. timbangan )

8.     0,7 dag = ….cg
a. 7                        c. 700
b. 70                     d. 7.000
jawaban :
{dag ke cg turun 3 tingkat, maka dikali 1000}
0,7 dag = 0,7 x 1000 = 700
(d. 700)

9.     3 kuintal + 9.000 kg + 10.000 hg = ….. kg
a. 10.300              c. 10.003
b. 10.030              d. 13.000
jawaban :
{kuintal ke kg turun 2 tingkat, maka dikali 100}
3 kuintal = 3 x 100 = 300 kg
9.000 kg = 9.000 kg
{hg ke kg naik 1 tingkat, maka dibagi 10}
10.000 hg = 10.000 : 10 = 1.000 kg
jadi, 300kg + 9.000kg + 1.000kg = 10.300kg
(a. 10.300)

10.    1 ton + 50 kuintal + 2.300 hg = ….. ons
a. 62.300            c. 60.230
b. 63.200            d. 60.320
jawaban :
{ton ke ons turun 4 tingkat, maka di kali 10.000}
1 ton = 1 x 10.000 = 10.000 ons
{kuintal ke ons turun 3 tingkat, maka dikali 1000}
50 kw = 50 x 1.000 = 50.000 ons
2.300 hg = 2.300 ons .
catatan hg sama dengan ons (hg = ons) atau kata lain hg yaitu ons
jadi 10.000 ons + 50.000 ons + 2.300 ons = 62.300 ons
(a. 62.300)

11.    Didalam lumbung masih tersimpan gabah 5 ton, 18 kuintal, dan 800 kg. Berat gabah yang tersimpan dalam lumbung adalah …. kg.
a. 7.600              c. 6.700
b. 7.500              d. 6.500
jawaban :
5 ton = 5.000 kg
18 kuintal = 1.800 kuintal
800 kg = 800 kg
jadi 5.000 kg + 1.800 kuintal + 800 kg = 7.600 kg
(a. 7.600)

12.    sebuah truk mengangkut 5 kuintal gula, 11 ton beras, dan 1.000 kg gandum. berat muatan truk itu seluruhnya adalah ….. kg
a. 12.500            c. 13.200
b. 12.300            d. 15.200

jawaban :
5 kuintal = 500 kg
11 ton = 11.000 kg
1.000 kg = 1.000 kg
jadi, 500kg + 11.000kg + 1.000kg = 12.500
(a. 12.500)

13.    Hasil panen seorang petani adalah sebagai berikut :
Gabah 8 ton, ubi rambat 5 kuintal, jagung 400 kg.
berat panenan petani itu seluruhnya adalah …. kg
a. 8.900              c. 9.800
b. 8.800              d. 9.900
jawaban :
8 ton = 8.000 kg
5 kuintal = 500 kg
400 kg = 400 kg
jadi, 8.000kg + 500kg + 400kg = 8.900 kg
(a. 8.900)

14.    berat nangka adalah 12,3 kg. pembulatan nilai ukuran tersebut ke satuan terdekat adalah …..
a. 10                   c. 12
b. 11                   d. 13
jawaban :
12,3 = 12
karena angkat 3 dibelakang koma dibawah angka 5, seandainya 12,6 maka pembulatan menjadi 13 .
(c. 12)

15.    ibu memanen mentimun dari ladang. sampai dirumah, mentimun itu ditimbang dengan menggunakan timbangan digital. ternyara, dilayar timbangan itu terbaca 16,47kg. pembulatan hasil pengukuran ke puluhan terdekat adalah …..
a. 16                   c. 17
b. 16,5                d. 20
jawaban :
16,47 menjadi 16.
karena angka 47 dibelakang koma dibawah dari 50 . jika 16,50 maka pembulatan menjadi 17
(a. 16)

16.    2 pon + 2 kw = …. kg
a. 22                   c. 201
b. 200                 d. 202
jawaban :
2 pon = 1 kg
2 kw = 200 kg
jadi 1kg + 200kg = 201 kg
(c. 201 kg)

17.    paman membeli 5 kg bibit ikan. jika setiap 1 hg berisi 2 ekor ikan, banyak ikan yang dibeli paman adalah ……
a. 25                   c. 50
b. 30                   d. 100

jawaban :
jadikan 5 kg menjadi hg . karena di soal tertera jika 1 hg 2 ekor .
jadi 5 kg = 50 hg
1 hg = 2 ekor, jika 50 hg tinggal di kali (X) 2 ekor
50 hg x 2 ekor = 100 ekor
(d. 100)

18.    7.500 cm = ….m
a. 750                 c. 7,5
b. 75                   d. 0,75
jawaban :
cm ke m naik 2 tingkaat, maka dibagi 100
jadi, 7.500 cm: 100 = 75 m
(b. 75)

19.    3 km + 2 hm = … dam
a. 32                   c. 32.000
b. 3200               d. 320
jawaban :
km ke dam turun 2 tingkat, maka dikali 100
3 km = 3 x 100 = 300 dam
hm ke dam turun 1 tingkat, maka di kali 10
2 hm = 2 x 10 = 20 dam
jadi, 300 dam + 20 dam = 320 dam
(d. 320 )

20.    20 hm + 5 dam + 20 m = ….. m
a. 2.000              c. 2.120
b. 2.520              d. 2.100
jawaban :
{hm ke m turun 2 tingkat, maka dikali 100}
20 hm = 20 x 100 = 2000 m
{ dam ke m turun 1 tingkat, maka dikalo 10}
5 dam = 5 x 10 = 50 m }
20 m = 20 m
jadi 2.000 m + 50 m + 20 m = 2.120
(c. 2.120)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.   Karena keberadaan burung cenderawasih semakin lama semakin terancam dan bisa saja punah akibat perburuan liar dan perusakan habitat.

2.   Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam dikarenakan adanya perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung cenderawasih sebagai penghias topi.

3.   Untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih, kita dapat melakukan bebrapa cara misalnya membudidayakan burung cenderawasih di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

4.   Kelangkaan burung cenderawasih ada kaitannya dengan perilaku manusia yang memanfaatkan bulu burung cenderawasih sebagai hiasan. Hal tersebut sangat membahayakan kelestarian burung cenderawasih karena untuk memperoleh bulu tersebut burung cenderawasih harus diburu dengan cara ditembak. Selain itu, memanfaatkan burung cenderawasih sebagai burung piaraan juga dapat mengganggu kelestarianya, karena burung cenderawasih biasa hidup di alam bebas dan tidak terbiasa hidup di dalam sangkar.

5.   Menurut saya sebaiknya manusia harus lebih memperhatikan kelestarian burung cenderawasih dengan cara membiarkanya hidup di alam bebas tanpa ada gangguan dari manusia.

6.   Jika burung cenderawasi punah maka keberagaman satwa di Indonesia akan berkurang dan kemungkinan generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung cenderawasih hanya melalui gambar.

7.   Agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Rabu, 30 September 2020

Soal Matematika Pengukuran

 1.     Yang termasuk satuan panjang baku adalah ….

a. meteran            c. meter
b. Penggaris          d. tongkat

2.     5 km = …. dm
a. 50           c. 5.000
b. 500         d. 50.000

3.     25cm + 6 mm = … mm
a. 31           c. 2.560
b. 256         d. 6.500

4.     6 km + 400 m= …. m
a. 6.004      c. 6.400
b. 6.040      d. 10.000

5.     40 dam + 100 dm = …. m
a. 401         c. 4.010
b. 410         d. 4.100

6.     3 km + 4 hm = ….. m
a. 3.400      c. 4.010
b. 340         d. 4.100

7.     Yang termasuk satuan berat baku adalah …
a. timbangan        c. kepal
b. gram                 d. anak timbangan

8.     0,7 dag = ….cg
a. 7             c. 700
b. 70           d. 7.000

9.     3 kuintal + 9.000 kg + 10.000 hg = ….. kg
a. 10.300    c. 10.003
b. 10.030    d. 13.000

10    .    1 ton + 50 kuintal + 2.300 hg = ….. ons
        a. 62.300    c. 60.230
        b. 63.200    d. 60.320

11.    Didalam lumbung masih tersimpan gabah 5 ton, 18 kuintal, dan 800 kg. Berat gabah yang tersimpan dalam lumbung adalah …. kg.
a. 7.600      c. 6.700
b. 7.500      d. 6.500

12.    sebuah truk mengangkut 5 kuintal gula, 11 ton beras, dan 1.000 kg gandum. berat muatan truk itu seluruhnya adalah ….. kg
a. 12.500   c. 13.200
b. 12.300  d. 15.200

13.    Hasil panen seorang petani adalah sebagai berikut :
Gabah 8 ton, ubi rambat 5 kuintal, jagung 400 kg.
berat panenan petani itu seluruhnya adalah …. kg
a. 8.900     c. 9.800
b. 8.800    d. 9.900

 

14.    berat nangka adalah 12,3 kg. pembulatan nilai ukuran tersebut ke satuan terdekat adalah …..
a. 10           c. 12
b. 11           d. 13

15.    ibu memanen mentimun dari ladang. sampai dirumah, mentimun itu ditimbang dengan menggunakan timbangan digital. ternyara, dilayar timbangan itu terbaca 16,47kg. pembulatan hasil pengukuran ke puluhan terdekat adalah …..
a. 16           c. 17
b. 16,5        d. 20

16.    2 pon + 2 kw = …. kg
a. 22           c. 201
b. 200         d. 202

17.    paman membeli 5 kg bibit ikan. jika setiap 1 hg berisi 2 ekor ikan, banyak ikan yang dibeli paman adalah ……
a. 25           c. 50
b. 30           d. 100

18.    7.500 cm = ….m
a. 750        c. 7,5
b. 75         d. 0,75
jawaban :
cm ke m naik 2 tingkaat, maka dibagi 100
jadi, 7.500 cm: 100 = 75 m
(b. 75)

19.        3 km + 2 hm = … dam
    a. 32           c. 32.000
    b. 3200       d. 320

    20 hm + 5 dam + 20 m = ….. m
    a. 2.000      c. 2.120
    b. 2.520      d. 2.100

Rabu, 23 September 2020

LATIHAN SOAL TEMA 3

 Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar!

1.Contoh kegiatan gotong royong di sekolah adalah…
a.mengerjakan UH bersama-sama
b.Mengerjakan piket bersama-sama.
c.Membuang sampah pada tempatnya.
d.Kekamarmandi bersama.
2.Tomi, Adi dan Cika mendapat tugas kelompok dari gurunya.untuk membagi tugas dengan adil,sebaiknya mereka melakukan…
a.Sidang
b. kerjabakti
c. musyawarah
d. kerjasama
3.. Yang harus dilaksanakan dalam musyawarah adalah…
a.Melaksanakan hasil musyawarah
b.Meminta semua harus menerima pendapat  kita.
c.Menolak hasil musyawarah yang tidak sesuai keinginan kita.
d.Memotong pendapat peserta lain.
4.Contoh kegiatan gotong royong yang baik di masyarakat adalah…
a.Membuat gapura untuk tujuh belasan
b.Bekerjasama dengan panitia lomba agar bisa juara.
c.Bekerjasama mengerjakan UH
d.Menyuruh orang kerjabakti tetapi tidak ikut.
5.Agar tidak terjadi kecemburuan dalam pembagian tugas harus…
a.Adil
b. curang
c. kita  yang ringan
d. Kita yang berat
6.Bunyi pantul yang terdengar utuh setelah bunyi  asal disebut….
a.Gaung
b. gema
c. suara
d. getaran
7.Bunyi pantul yang terdengar sebagian dengan bunyi asal disebut….
a.Gaung
b. gema
c. suara
d. getaran
8.Berikut ini yang termasuk benda yang bisa menyerap bunyi adalah…
a.Seng
b. tembok
c. gabus
d. piring
9.Alasan mengapa studio musik di pasangi peredam suara adalah…
a.Agar tidak terjadi pemantulan suara.
b.Agar terjadi pemantulan suara.
c.Agar suara makin keras.
d.Agar terjadi gaung.

10.Berikut ini ruang yang tidak perlu dilapisi benda lunak agar tidak terjadi gaung adalah…
a.Stodio foto
b. bioskop
c. stodio radio
d. Stodio musik
11.Lompat batu adalah tradisi yang ada di …
a.Nias
b. Bali
c. Madura
d. NTB
12.Sego jamblang berasal dari …
a.Cirebon
b. jawa timur
c. jakarta
d. Bali
13.Makanan khas kabupaten gresik adalah…
a.Nasi pecel
b. lontong sayur
c. nasi krawu
d. Sego jamblang
14.Cara membunyikan gong adalah dengan di…
a.Tiup
b. pukul
c. di petik
d. Di goyang
15.Upacara Ngaben merupakan contoh tradisi masyarakat…
a.jawa b. madura c. bali d. NTT