sajak sajak kehidupan

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Rabu, 14 Oktober 2020

latihan soal tema 3 new

 A.  BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1.  Keseimbangan hak dan kewajiban dapat ditunjukan dengan cara ... .

     a. mendahulukan hak daripada kewajiban

     b. mendahulukan kewajiban daripada hak

     c. melaksanakan kewajiban tanpa menuntut hak

     d. menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban

2.  Salah satu contoh kewajiban kita terhadap makanan yang kita makan yaitu ... .

     a. membuang makanan yang tidak kita sukai

     b. tidak memakan makanan yang kita sukai

     c. membuang makanan yang kita sukai

     d. makan makanan secukupnya

3.  Pelaksanaan kewajiban terhadap tanaman dapat ditunjukan dengan tindakan ... .

     a. memberi pupuk tanaman setiap hari

     b. menikmati hasil tanaman sepuasnya

     c. memanfaatkan tanaman secara bijak

     d. menyiram tanaman sekali dalam satu minggu

4.  Merawat tanaman dengan benar dapat membuat tanaman ... .

     a. gersang

     b. kuat

     c. layu

     d. subur

 

5.  Kewajiban orang terhadap hewan peliharaannya adalah ... .

     a. membersihkan dan memberi tempat yang bersih

     b. memberi makanan yang mahal

     c. membiarkannya tidak terurus

     d. memandikannya setahun sekali

6.  Saat kamu mempunyai bunga, kewajibanmu terhadap bunga adalah ... .   

7.  Jika kamu memiliki peliharaan kucing dan kamu lupa memberi makan yang terjadi adalah... .

8. Sebutkan 3 kewajiban terhadap tanaman yang ada sekitar rumah !

     Jawab :  ……………………………………………………………………………………..

9.  Pak Jono tinggal di daerah pantai. Ia dikenal sebagai pengrajin kerang. Hasil karyanya dipasarkan sendiri di sekitar rumahnya dan di pantai pada saat liburan tiba.

     Berdasarkan bacaan di atas, pertanyaan yang tepat untuk mewawancarai pak Jono adalah...

     a. Di mana bapak akan menjual kerang itu?

     b. Apakah bapak senang kami datang kemari?

     c. Berapa buah hiasan dari kerang yang dapat bapak buat selama satu bulan?

     d. Bagaimana perasaan bapak saat menjual kerang dipantai?

10.Jika kita melakukan wawancara dengan pak Jono, ia disebut sebagai ... .

a. penjual

     b. narasumber

     c. pewawancara

     d. perajin

11.Perhatikan teks di bawah ini!

    Laporan ini disusun sebagai tugas dari mata pelajaran bahasa  Indonesia.

    Teks di atas termasuk bagian ... laporan

     a. latar belakang

     b. maksud dan tujuan

     c. topik wawancara

     d. waktu dan tempat kegiatan 

12.Kelompok kata yang termasuk ke dalam kosakata baku adalah….
a.
terlihat, khawatir, seperti       
b. 
kuatir, terlihat, kayak           

     c. seperti, kuatir, kelihatan

     d. kelihatan, kayak, khawatir

13.Berikut ini adalah format penulisan hasil laporan wawancara, kecuali ... .

    a. latar belakang

    b. maksud dan tujuan

    c. topik wawancara

    d. kisi-kisi pertanyaan

14.Ciri-ciri pertanyaan yang baik untuk wawancara yaitu ... .

15.Sebutkan unsur-unsur dalam membuat laporan hasil wawancara ... .

16.Sikap dan keterampilan apa saja yang diperlukan ketika melakukan wawancara?

....................................................................................................................................................

…………………………………………………………………………………………………..

Selasa, 13 Oktober 2020

Ciri lingkungan sehat dan tidak sehat

 

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Memang berada di tempat dengan lingkungan yang sehat, akan membuat hidup lebih nyaman dan menyenangkan. Pasalnya lingkungan sehat, selain enak dipandang juga enak untuk dirasakan. Sedangkan, lingkungan yang tidak sehat merupakan lingkungan berkondisi buruk. Dalam artian yang sebenernya. Ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat pun dapat diketahui dengan mudah.

Ciri Lingkungan Tidak Sehat

Ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, berikut ini adalah ciri lingkungan yang tidak sehat, diantaranya :

1.    Udara yang buruk

Umumnya udara yang dihasilkan saat di pedesaan dan di perkotaan sangat jauh berbeda. Udara yang dihasilkan pohon-pohon di pedesaan lebih sehat serta segar untuk paru-paru.Keadaan kota dipenuhi oleh kendaraan mobil, motor, serta pabrik-pabrik industri yang didirikan akan menghasilkan udara yang sangat buruk.

Dapat dilihat dengan mata, warna udara yang dihasilkan berwarna hitam atau seperti asap serta baunya kurang sedap. Mampu menimbulkan gangguan kesehatan.

2.    Tidak adanya tempat sampah

Seharusnya tempat sampah ada di setiap tempat. Karena, peranan tong sampah sangat diperlukan untuk menampung sampah-sampah yang setiap harinya ada, hasil dari konsumsi manusia.

Ketika tidak tersedianya tempat sampah akan menimbulkan sampah berserakan dimana-mana. Mengakibatkan pencemaran udara, bau dihasilkan pun sangat menyengat dan tidak sedap.

3.    Tidak ada penampungan sampah

Penampungan sampah yang dimaksud adalah tempat semua sampah dari penjuru tempat berkumpul. Dimusnahkan secara bersamaan. Jika tidak ada penampung sampah ini, orang akan semborono membuang sampah seenaknya. Kadang dibung di gunung, disungai, diselokan, dll.

4.    Bertempat tinggal hewan kotor.

Salah satu ciri lingkungan yang tidak sehat, tempat itu menjadi hewan yang biasa bertempat tinggal pada tempat kotor, seperti tikus, kecoa, dan lain sebagainya berteduh. Hewan-hewan ini menyukai tempat yang kotor, gelap, serta jauh dari jangkauan manusia.

Lingkungan yang sepeti ini sangat tidak sehat. Bisa saja, hewan ini membawa bakteri serta kuman yang akan menyebabkan manusia menjadi sakit.

Karena, hewan ini biasanya bergelut dengan kekumuhan serta membawa makanan basi atau busuk untuk mereka konsumsi. Tidak bagus lingkungan seperti ini untuk dijadikan tempat tinggal manusia.

5.    Lingkungan tanpa pohon

Pemukiman yang gersang atau tidak memiliki pohon dilingkungannya, berpotensi memiliki lingkungan yang tidak sehat. Pohon-pohon berfungsi untuk memproses udara yang kotor menjadi bersih kembali, hingga layak untuk dihirup oleh manusia.

Maka dari itu, lingkungan yang tidak ada pohonnya atau gersang menjadi salah satu ciri tempat tinggal yang tidak sehat. Karena udara kotor yang ada tidak dapat diproses menjadi udara segar.

6.    Tidak tersedia aliran air

Lingkungan tanpa aliran air, membuat orang harus melakukan setiap kegiatannya di sungai. Mulai dari mandi, membuang hajat, mencuci serta kegiatan lainnya.

Hal ini akan merusak kebersihan air sungai sehingga dapat mengakibatkan tercemarnya   lingkungan.

Terutama sungai menjadi kotor entah dengan kotoran alami atau kotoran yang dihasilkan manusia. Banyak limbah pabrik juga yang dibuang secara sengaja kealiran sungai. Perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

Setelah mengetahui ciri lingkungan yang tidak sehat, perlu diketahui pula bagaimana ciri-ciri sebuah tempat itu memang sehat untuk ditempati. Yuk, simak ciri-ciri serta perbedaan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.

 Ciri Lingkungan Sehat

Ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, berikut ini adalah ciri lingkungan yang sehat, diantaranya :

1. Udara Bersih

Udara sangat penting dan memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Dari sini sudah dapat dibedakan mana lingkungan yang sehat dan tidak sehat. Lingkungan yang sehat udaranya lebih segar.

Biasanya udara segara dapat dirasakan saat berada di tengah-tengah pepohonan. Kesehatan pun dapat terjamin karena paru-paru mendapatkan pasokan oksigen yang bersih. 

2. Tersedia aliran air

ketersedianya air pada lingkungan akan meningkatkan kesehatan. Pasalnya, jika tidak ada aliran air yang dapat digunakan proses kehidupan akan terganggu. Manusia sangat membutuhkan air untuk kehidupan sehari-hari.

Seperti mandi, jika tidak ada air dan tidak mandi. Bisa dibanyangkan orang-orang akan terjangkit penyakit kulit yang bisa saja membahayakan nyawa.

3. Banyaknya pohon atau tumbuhan hijau

Sudah terbukti jika udara di desa lebih baik daripada di kota. Itu karena di desa lebih banyak tanaman hijau yang masih tumbuh.

Sedangkan di kota banyak kendaran serta melakukan penebangan pohon secara sengaja. Dengan begitu dapat disimpulkan tempat dengan pohon atau banyak tumbuhan hijau lebih sehat dan segar.

4. Limbah dikelola dengan baik

Bertempat tinggal di kota pun masih bisa dengan kehidupan yang sehat. Kota besar mempunyai pabrik-pabrik yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Lingkungan sehat pun masih dapat dibangun. Asalkan pihak pemilik pabrik dapat mengelola limbahnya dengan baik. Tidak dibuang ke aliran sungai atau air untuk pemukiman. 

5. Pengelompokan sampah

Pengelompokan sampah pun sangat penting untuk mendapatkan lingkungan yang baik. Sampah organik dan non-organik harus dipisahkan. Karena cara penangannya pun berbeda.

Sampah organik dapat dengan mudah terurai tanah, sedangkan sampah non-organik harus dibakar untuk menghilangkan jejaknya. Itulah alasan mengapa harus dilakukan pengelompokkan.

Minggu, 11 Oktober 2020

latihan Soal kelas 4 Tema 3

 

Soal latihan kelas 4 SD

1.Sebutkan bagian-bagian pada tumbuhan!

2.Sebutkan 3 akar serabut dan akar tunggang pada tumbuhan!

3.sebutkan 2 fungsi dari daun pada tumbuhan!

4.apa itu ekolokasi dan pada hewan apa!

5.Apa fungsi selaput pada kaki bebek!

6.Sebutkan 3 ciri khusus pada hewan trenggiling!

Rabu, 07 Oktober 2020

Soal FPB dan KPK

 

Contoh pengerjaan

Tentukan FPB dari 4, 8, 12

Lebih bagus dengan menggunakan pohon faktornya

4=2x2

8=2x2x2

12=2x2x3

Fpb dari, 4,8,12 adalah 2x2=4

Tentukan KPK dari 4 dan 12

4=2x2

12=2x2x3

KPK dari  4 dan 12 adalah 2x2x3 = 12

1.Tentukan FPB dari 20 dan 30 adalah ….

2. Tentukan FPB dari 21 dan 35 adalah ….

3. Tentukan FPB dari 36 dan 54 adalah ….

4. Tentukan KPK dari 16 dan 40 adalah ….

5. Tentukan KPK dari 10, 15 dan 25 adalah ….

Selasa, 06 Oktober 2020

Ciri Kusus Makluk Hidup

 

   1.Ciri Khusus Bebek
Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur. Makanan bebek ialah cacing. Ternyata, bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Paruh tersebut digunakan untuk menyaring makanan dari air. Kaki berselaput juga dimiliki angsa. Sementara, ayam tidak memiliki jari berselaput. Ayam hidup dan mencari makan di darat saja.

Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.

2. Ciri Khusus Unta
Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup. Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir. Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Kaki unta memiliki ukuran besar untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.

3.  Ciri khusus pada kucing.

Kucing memiliki mata yang dapat menyala saat terkena cahaya pada malam hari. Kucing bergigi taring tajam karena pemakan daging. Kucing memiliki cakar yang tajam dan kuat untuk menangkap dan membunuh mangsanya. Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat di dalam daun telinganya, sehingga jika jatuh dari ketinggian kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri.

4.    Ciri khusus pada landak.

Landak memiliki bulu berbentuk duri yang tajam dan kuat. Duri-duri itu akan berdiri saat landak menghadapi ancaman dari predator. Dan jika berhasil menancapkan bulunya, maka lawannya akan terluka, bahkan durinya tersebut akan menancap dan menempel di tubuh lawannya. Landak adalah hewan pengerat yang sering tinggal dilubang-lubang tanah.

5.    Ciri khusus pada ikan cumi.

Ikan cumi memili tentakel yang berotot lentur dapat mengkerut dan memanjang sehingga dapat bergerak dengan cepat. Cumi-cumi dapat mengeluarkan tinta berwarna pekat. Cumi-cumi juka mampu memancarkan cahaya warna-warni pada tubuhnya, fungsinya untuk memikil mangsanya agar mendekat untuk kemudian dapat dengan mudah ditangkap dan dimangsa olehnya.

6.      Ciri khusus burung hantu.

Burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam dan peka untuk menemukan mangsanya di malam hari. Memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga tidak terdengar saat terbang, dengan demikian ia dapat menyambar mangsanya secara diam-diam. Mempunyai leher yang lentur yang dapat berputar 180 derajat, sehingga dapat melihat mangsanya yang ada di belakang.

7.      Ciri khusus semut.

Semut memiliki ciri khusus pada dua antene di kepalanya, dengan antene tersebut semut dapat menyentuh, membau dan merasakan getaran bunyi. Sedangkan mulut pada semut dipergunakan untuk mengecap. Semut berkomunikasi dengan semut lain dengan antenanya. Semut juga dapat mengeluarkan bau khusus untuk menyatakan bahaya atau letakan dimana terdapat makanan.

8.      Ciri khusus trenggiling.

Trenggiling memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap/semut dari sarangnya Tidak memiliki gigi, tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yang dapat dijulurkan untuk memperdaya mangsanya Memiliki sisik yang tebal dan keras, dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri

9.      Ciri khusus pada landak.

 Landak memiliki bulu berbentuk duri yang tajam dan kuat. Duri-duri itu akan berdiri saat landak menghadapi ancaman dari predator. Dan jika berhasil menancapkan bulunya, maka lawannya akan terluka, bahkan durinya tersebut akan menancap dan menempel di tubuh lawannya. Landak adalah hewan pengerat yang sering tinggal dilubang-lubang tanah.

Kamis, 01 Oktober 2020

Kunci Jawaban Matematika dan Tematikhari kamis

 

Kunci jawaban Matematika dan tematik

1.     Yang termasuk satuan panjang baku adalah ….
a. meteran            c. meter
b. Penggaris          d. tongkat
jawaban :
c. Meter

2.     5 km = …. dm
a. 50 c. 5.000
b. 500 d. 50.000
jawaban :
{km ke dm turun 4 tingkat, maka di kali 10.000}
5 km = 5 x 10.000 = 50.000
(d. 50.000)

3.     25cm + 6 mm = … mm
a. 31           c. 2.560
b. 256         d. 6.500
jawaban :
{cm ke mm turun 1 tingkat, maka di kali 10}
25 cm = 25 x 10 = 250 mm
6 mm = 6 mm
jadi, 250mm + 6 mm = 256 mm
(b. 256)

4.     6 km + 400 m= …. m
a. 6.004      c. 6.400
b. 6.040      d. 10.000
jawaban :
{km ke m turun 3 tingkat, maka dikali 1.000}
6 km = 6 x 1000 = 6000 km
400 m = 400 m
jadi, 6.000 + 400 = 6.400 m
(c.6.400)

5.     40 dam + 100 dm = …. m
a. 401         c. 4.010
b. 410         d. 4.100
jawaban :
{dam ke m turun 1 tingkat, maka di kali 10}
40 dam = 40 x 10 = 400 m
{dm ke m naik satu tingkat, maka dibagi 10}
100 dm = 100 : 10 = 10 m
jadi, 400 m + 10 m = 410 m
(b. 410)

6.     3 km + 4 hm = ….. m
a. 3.400      c. 4.010
b. 340         d. 4.100
jawaban :
{km ke m turun 3 tingkat, maka di kali 1000}
3 km = 3 x 1.000 = 3.000 m
{hm ke m turun 2 tingkat, maka dikali 100}
4 hm = 4 x 100 = 400 m
jadi, 3.00 m + 400 m = 3.400 m
(a. 3.400)

7.     Yang termasuk satuan berat baku adalah …
a. timbangan        c. kepal
b. gram                 d. anak timbangan
jawaban :
(a. timbangan )

8.     0,7 dag = ….cg
a. 7                        c. 700
b. 70                     d. 7.000
jawaban :
{dag ke cg turun 3 tingkat, maka dikali 1000}
0,7 dag = 0,7 x 1000 = 700
(d. 700)

9.     3 kuintal + 9.000 kg + 10.000 hg = ….. kg
a. 10.300              c. 10.003
b. 10.030              d. 13.000
jawaban :
{kuintal ke kg turun 2 tingkat, maka dikali 100}
3 kuintal = 3 x 100 = 300 kg
9.000 kg = 9.000 kg
{hg ke kg naik 1 tingkat, maka dibagi 10}
10.000 hg = 10.000 : 10 = 1.000 kg
jadi, 300kg + 9.000kg + 1.000kg = 10.300kg
(a. 10.300)

10.    1 ton + 50 kuintal + 2.300 hg = ….. ons
a. 62.300            c. 60.230
b. 63.200            d. 60.320
jawaban :
{ton ke ons turun 4 tingkat, maka di kali 10.000}
1 ton = 1 x 10.000 = 10.000 ons
{kuintal ke ons turun 3 tingkat, maka dikali 1000}
50 kw = 50 x 1.000 = 50.000 ons
2.300 hg = 2.300 ons .
catatan hg sama dengan ons (hg = ons) atau kata lain hg yaitu ons
jadi 10.000 ons + 50.000 ons + 2.300 ons = 62.300 ons
(a. 62.300)

11.    Didalam lumbung masih tersimpan gabah 5 ton, 18 kuintal, dan 800 kg. Berat gabah yang tersimpan dalam lumbung adalah …. kg.
a. 7.600              c. 6.700
b. 7.500              d. 6.500
jawaban :
5 ton = 5.000 kg
18 kuintal = 1.800 kuintal
800 kg = 800 kg
jadi 5.000 kg + 1.800 kuintal + 800 kg = 7.600 kg
(a. 7.600)

12.    sebuah truk mengangkut 5 kuintal gula, 11 ton beras, dan 1.000 kg gandum. berat muatan truk itu seluruhnya adalah ….. kg
a. 12.500            c. 13.200
b. 12.300            d. 15.200

jawaban :
5 kuintal = 500 kg
11 ton = 11.000 kg
1.000 kg = 1.000 kg
jadi, 500kg + 11.000kg + 1.000kg = 12.500
(a. 12.500)

13.    Hasil panen seorang petani adalah sebagai berikut :
Gabah 8 ton, ubi rambat 5 kuintal, jagung 400 kg.
berat panenan petani itu seluruhnya adalah …. kg
a. 8.900              c. 9.800
b. 8.800              d. 9.900
jawaban :
8 ton = 8.000 kg
5 kuintal = 500 kg
400 kg = 400 kg
jadi, 8.000kg + 500kg + 400kg = 8.900 kg
(a. 8.900)

14.    berat nangka adalah 12,3 kg. pembulatan nilai ukuran tersebut ke satuan terdekat adalah …..
a. 10                   c. 12
b. 11                   d. 13
jawaban :
12,3 = 12
karena angkat 3 dibelakang koma dibawah angka 5, seandainya 12,6 maka pembulatan menjadi 13 .
(c. 12)

15.    ibu memanen mentimun dari ladang. sampai dirumah, mentimun itu ditimbang dengan menggunakan timbangan digital. ternyara, dilayar timbangan itu terbaca 16,47kg. pembulatan hasil pengukuran ke puluhan terdekat adalah …..
a. 16                   c. 17
b. 16,5                d. 20
jawaban :
16,47 menjadi 16.
karena angka 47 dibelakang koma dibawah dari 50 . jika 16,50 maka pembulatan menjadi 17
(a. 16)

16.    2 pon + 2 kw = …. kg
a. 22                   c. 201
b. 200                 d. 202
jawaban :
2 pon = 1 kg
2 kw = 200 kg
jadi 1kg + 200kg = 201 kg
(c. 201 kg)

17.    paman membeli 5 kg bibit ikan. jika setiap 1 hg berisi 2 ekor ikan, banyak ikan yang dibeli paman adalah ……
a. 25                   c. 50
b. 30                   d. 100

jawaban :
jadikan 5 kg menjadi hg . karena di soal tertera jika 1 hg 2 ekor .
jadi 5 kg = 50 hg
1 hg = 2 ekor, jika 50 hg tinggal di kali (X) 2 ekor
50 hg x 2 ekor = 100 ekor
(d. 100)

18.    7.500 cm = ….m
a. 750                 c. 7,5
b. 75                   d. 0,75
jawaban :
cm ke m naik 2 tingkaat, maka dibagi 100
jadi, 7.500 cm: 100 = 75 m
(b. 75)

19.    3 km + 2 hm = … dam
a. 32                   c. 32.000
b. 3200               d. 320
jawaban :
km ke dam turun 2 tingkat, maka dikali 100
3 km = 3 x 100 = 300 dam
hm ke dam turun 1 tingkat, maka di kali 10
2 hm = 2 x 10 = 20 dam
jadi, 300 dam + 20 dam = 320 dam
(d. 320 )

20.    20 hm + 5 dam + 20 m = ….. m
a. 2.000              c. 2.120
b. 2.520              d. 2.100
jawaban :
{hm ke m turun 2 tingkat, maka dikali 100}
20 hm = 20 x 100 = 2000 m
{ dam ke m turun 1 tingkat, maka dikalo 10}
5 dam = 5 x 10 = 50 m }
20 m = 20 m
jadi 2.000 m + 50 m + 20 m = 2.120
(c. 2.120)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.   Karena keberadaan burung cenderawasih semakin lama semakin terancam dan bisa saja punah akibat perburuan liar dan perusakan habitat.

2.   Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam dikarenakan adanya perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung cenderawasih sebagai penghias topi.

3.   Untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih, kita dapat melakukan bebrapa cara misalnya membudidayakan burung cenderawasih di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

4.   Kelangkaan burung cenderawasih ada kaitannya dengan perilaku manusia yang memanfaatkan bulu burung cenderawasih sebagai hiasan. Hal tersebut sangat membahayakan kelestarian burung cenderawasih karena untuk memperoleh bulu tersebut burung cenderawasih harus diburu dengan cara ditembak. Selain itu, memanfaatkan burung cenderawasih sebagai burung piaraan juga dapat mengganggu kelestarianya, karena burung cenderawasih biasa hidup di alam bebas dan tidak terbiasa hidup di dalam sangkar.

5.   Menurut saya sebaiknya manusia harus lebih memperhatikan kelestarian burung cenderawasih dengan cara membiarkanya hidup di alam bebas tanpa ada gangguan dari manusia.

6.   Jika burung cenderawasi punah maka keberagaman satwa di Indonesia akan berkurang dan kemungkinan generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung cenderawasih hanya melalui gambar.

7.   Agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.