sajak sajak kehidupan : Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Kamis, 16 Juli 2020

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya


Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya
Telinga merupakan alat pendengar yang berfungsi untuk menangkap gelombang getaran suara yang berada disekitarnya, tidak hanya manusia hewan juga mempunyai alat indra telinga yang memiliki fungsi yang sama yaitu menangkap getaran suara disekitarnya.

Apa itu Indra Pendengar?

Manusia memiliki indra pendengar yang biasa kita sebut telinga, telinga merupakan alat indra pendengar yang peka terhadap getaran bunyi atau suara, jika seorang anak terlahir dengan indra pendengaran yang tidak berfungsi, besar kemungkinan anak tersebut mengalami tuli dan bisu, ketika  sejak lahir tidak dapat mendengar apapun otomatis ia tidak dapat berbicara apapun karena ia belajar dari apa yang ia dengar.

Fungsi Telinga Secara Umum

Pengatur Keseimbangan Tubuh, Pada organ telinga terdapat struktur terkhusus yang memiliki fungsi sebagai pengatur dan menjaga keseimbangan tubuh, telinga berhubungan dengan saraf-saraf otak yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan telinga ketika menangkap getaran suara.
Alat Indra Pendengar, Organ telinga akan berfungsi sebagai alat indra pendengar ketika menangkap getaran gelombang suara yang masuk dari telinga bagian luar, setelah itu gelombang tersebut akan melalui beberapa proses tahapan, lalu diterima oleh otak dan direspon, barulah menjadi suara yang biasa kita dengar saat ini, proses tahapan tersebut terjadi di dalam telinga yang memiliki bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing, berikut ini saya akan menjelaskan nya secara rinci.

Manusia hanya mampu menangkap getaran gelombang suara berkisar mulai dari 20-20.000 Hz.

Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya

telinga dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu: Telinga bagian luar, Telinga bagian tengah, dan Telinga bagian dalam.
1. Telinga Luar
Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga (aurikula), saluran telingan luar (analis auditoris eksternal), dan gendang telinga (Membran Timpani) yang membatasinya dengan telinga dalam.
Daun Telinga terbentuk oleh susunan tulang rawan yang memiliki bentuk khas untuk mendukung fungsinya, yaitu untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke saluran telinga.
Saluran Telinga Luar, dalam bagian ini terdapat kelenjar sudorifera yaitu kelenjar yang dapat menghasilkan serumen (bahan mirip lilin yang dapat mengeras). Serumen ini menjaga telinga agar tidak banyak kotoran dari luar yang masuk ke dalam, juga dapat menghindari masuknya serangga karena memiliki bau tidak sedap.
Membran Timpani adalah bagian yang berfungsi untuk menangkap gelombang suara.
2. Telinga Tengah
Telinga tengah merupakan rongga yang berisi udara dan menjaga tekanan udara tetap seimbang. Dinding dari bagian ini dilapisi oleh sel epite. Fungsi Utamanya adalah untuk meneruskan Suara yang diterima dari Telinga Luar ke Telinga Bagian Dalam. Pada telinga bagian tengah terdapat Tuba Eustachius, yaitu bagian yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut (faring). Tuba Eustachius Ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara antara telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah.

Telinga bagian tengah terdiri atas 3 tulang pendengaran utama yaitu Maleus(Martil)Incus(Landasan), dan Stapes(sanggurdi), Tulang – Tulang ini saling berhubungan satu sama lain (dihubungkan oleh sendi) karena adanya sendi maka tulang – tulang ini dapat bergerak. Rangkaian 3 Tulang yang sedemikian rupa ini berfungsi untuk mengirimkan getaran yang diterima dari membran timpani pada telinga luar menuju ke Jendela Oval Telinga Dalam.  Tuba Eustachius ini selalu menutup kecual saat menelan dan menganga. Oleh karena itu saat kita dalam ketinggian tertentu, apabila telinga berdengung, kita dianjurkan untuk menelan, karena menelan dapat membuka tuba eustachius yang akan menyeimbangkan kembali tekanan udara.
3. Telinga Dalam
Telinga Dalam terdiri atas bagian tulang dan bagian membran. Telinga dalam disebut juga sebagai labirin karena bentuknya. Labirin tulang (Labirin Osea) merupakan rongga yang terbentuk pada tonjolan tulang pelipis yang berisikan cairan perilimfe. Labirin Membran terletak pada bagian yang sama dengan bagian labirin tulang, namun tempatnya lebih dalam dan dilapisi oleh sel epitel serta berisi cairan endolimfe.
Labirin Tulang telinga dalam terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1.Koklea (Fungsinya lebih ke pendengaran)
2.Vestibuli (Fungsinya lebih ke menjaga keseimbangan)
3.Kanalis Semisirkularis (Fungsinya lebih ke menjaga keseimbangan)

Sugiyatno 

2 komentar:

  1. Materi bersambung sambung jadi penasaran kyak nonton vilm

    BalasHapus
  2. biar penasaran dan sering melihat blognya wkwkwk

    BalasHapus