sajak sajak kehidupan : Pengertian, jenis, dan sifat-sifat bunyi.

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Rabu, 29 Juli 2020

Pengertian, jenis, dan sifat-sifat bunyi.


1.Sumber Bunyi
Bunyi adalah sesuatu yang dihasilkan dari benda yang bergetar. Sedangkan semua benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Dan berikut ini contoh sumber bunyi antara lain;
a. suara petir
b. suara radio atau televisi yang dinyalakan
c. alat musik yang dimainkan
d. suara kereta api yang berjalan
e. suara peluit dan sebagainya.
2.Jenis Bunyi Kelas
Berdasarkan frekuensinya bunyi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu: bunyi infrasonik, audiosonik dan juga ultrasonik.
A.  Bunyi Infrasonik
Bunyi infrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi di bawah 20 Hetz per detiknya. Bunyi infrasonik ini hanya bisa didengar oleh sebagian hewan, seperti ikan lumba-lumba, jangkrik, dan anjing.
B. Bunyi Audiosonik
Bunyi audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 sampai 20.000 Hetz per detiknya. Bunyi ini bisa didengar oleh manusia. Namun manusia lebih peka terhadap bunyi yang memiliki frekuensi; 50 Hetz ketika berbisik, 1.000 hezt ketika berbicara normal dan 10.000 hets saat berteriak.
C. Bunyi Ultrasonik
Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi di atas 20.000 hetz per detiknya. Bunyi ini hanya bisa didengar oleh sebagian hewan, di antaranya; kelelawar, paus, tikus dan katak.

3.Sifat-sifat Bunyi

Tentu kita tidak asing lagi dengan bunyi. Pasalnya bunyi bisa merambat sampai ke telinga kita. Bunyi dapat merambat pada media zat padat, zat cair dan juga udara. Namun bunyi tidak dapat merambat dalam ruang hampa udara, hal ini disebabkan bunyi termasuk gelombang longitudinal yang membutuhkan medium untuk merambat. Sifat sifat bunyi antara lain; bunyi
·       dapat merambat membutuhkan medium atau perantara.
·       merupakan salah satu contoh gelombang longitudinal, yaitu mempunyai gelombang dengan arah rambat yang sejajar dengan arah getar
·       dapat dipantulkan

4.Sifat bunyi dapat dipantulkan
Telah disebutkan di atas bahwa salah satu sifat bunyi adalah dapat dipantulkan. Bunyi bisa dipantulkan ketika mengenai benda yang permukaannya keras seperti; batu, kaca, papan. Menurut sifat bunyi dapat dipantulkan dibedakan menjadi 2 yaitu;
a. Gaung
Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya. Sehingga bunyi pantul ini merusak bunyi aslinya. Biasanya hal ini terjadi jika jarak sumber bunyi dengan dinding pantul cukup dekat.
b. Gema
Gema adalah bunyi pantul yang terdengar hampir setelah bunyi asli selesai diucapkan. Biasanya hal ini terjadi jika jarak sumber bunyi dengan dinding pantul cukup jauh. Gema ini dapat memperjelas bunyi aslinya.
5.Bunyi memiliki sifat dapat diserap/diredam
Selain bunyi dapat dipantulkan ternyata bunyi juga dapat diserap/diredam. Bunyi akan diserap/diredam ketika mengenai permukaan benda yang lunak, seperti karet, busa, kain, goni dan karpet. Biasanya benda benda ini digunakan untuk mengurangi efek dari bunyi pantul, seperti di studio musik maupun bioskop.

Sugiyatno

2 komentar: