sajak sajak kehidupan : Fungsi, Cara, Gangguan, Cara Merawat Telingan.

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Rabu, 22 Juli 2020

Fungsi, Cara, Gangguan, Cara Merawat Telingan.


FUNGSI BAGIAN-BAGIAN TELINGA
1.      Daun Telinga berfungsi untuk menangkap gelombang surara.
2.      Lubang Telinga berfungsi sebagai jalan masuk suara ke dalam telinga.
3.      Gendang Telinga merupakan selaput tipis yang paling peka terhadap suara. Berfungsi untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran di dalam telinga tengah.
4.      Tulang pendengaran berfungsi untuk melindungi bagian-bagian tulang dalam. Pada tulang pendengaran terdiri dari 3 jenis tulang yaitu, tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi.
5.      Saluran Eustacius berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga bagian luar dengan
telinga bagian tengah.
6.      Rumah Siput berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Pada rumah siput di dalamnya terdapat ujung saraf pendengaran.

CARA KERJA TELINGAN
Bunyi adalah getaran. Bunyi suara yang kita dengar berasal dari getaran. Bunyi yang merambat di udara ditangkap oleh daun telingan. Kemudian, bunyi masuk ke dalam lubang yang disebut saluran pendengaran luar. Selanjutnya mengenai gendang telinga. Perubahan tekanan pada saluran luar tersebut mengakibatkan gendang telinga ikut bergetar. Getaran dari gendang telingan diteruskan melalui tulang martil, tulang landasan, dan tulang sangurdi. Getaran diteruskan sampai rumah siput. Selanjutnya, rumah siput akan mengubah getaran menjadi sinyal pendengaran. Sinyal pendengaran akan diterima saraf pedengar. Lalu, rangsangan saraf berjalan ke otak. Akhirnya, di dalam otak rangsangan ini diterjemmahkan sesuai bunyi yang kita dengan.
GANGGUAN PADA TELINGA
Gangguan atau penyakit ada :
1.    Tuli, yaitu berkurangnya kemampuan mendengar. Tulis dapat terjadi dikarenakan: Gendang telingan pecah, lubang telinga tersumbat, penga rusaknya saraf pendengaran, ataupengapuran tulang pendengaran.
2.    Otitis media, yaitu infeksi pada bagian telinga tengah yang diakibatkan oleh kuman. Di dalam rongga telinga bagian tengah terdapat nanah.
3.    Otosklerosis, yaitu tumbuhnya tulang pendengaran yang berlebihan sehingga penghantaran suara terganggu.

CARA MERAWAT TELINGA
1.    Bersihkan telingan dengan benda halus, contoh catton bud.
2.    Jangan membersihkan telinga dengan alat yang bisa menusuk atau benda yang tajam, seperti peniti, lidi, atau batang korek api.
3.    Jangan mencoba memasukkan benda kedalam telinga, seperti beras, biji kacang hijau, atai air.
4.    Hindari suara yang bising/ suara berisik karena bising yang terjadi dalam waktu lama bisa merusak telinga, sehingga menjadi tuli.
5.    Jika telinga terasa sakit, segera periklah ke dokter




Sugiyatno
SDN Gatak

1 komentar: