sajak sajak kehidupan : Kunci jawaban kelas 4 tema 2 hal 31

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Rabu, 12 Agustus 2020

Kunci jawaban kelas 4 tema 2 hal 31

 Kunci jawaban kelas 4 tema 2 hal 31

 

1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik?

Jika kita tidak menghemat energi listrik dan boros listrik, maka akan berdampak pada berkurangnya pasokan listrik, sehingga terjadi pemadaman listrik bergilir. Dijawa energi listrik sudah tercukupi meski penggunaan boros akan tetapi kita tetap harus berhemat. Sedang di luar jawa akan sangat terasa sekali jika penggunaan energi listri ini boros, akan sering pemadaman bergilir, listrik yang menyala kekurangan daya dengan cirri-ciri lampu menyala tapi tidak terang, dan menyebabkan alat-alat elektronik cepat/mudah rusak karena kekurangan daya/energi listrik.

2. Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan memengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan?

Ya, dengan kita boros energi listrik, maka kita boros akan sumber daya alam. Energi listrik yang kita pakai berhubungan dengan sumber bahan bakar untuk pembangkit listrik.

Sumber daya alam tersebut adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga jika boros, maka suatu saat kita akan krisis energi dan dampaknya bisa sangat luas. Padahal sudah tahukan anak-anak apa itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? Ya sumber daya alam yang jika digunakan terus menerus akan cepat habis.

3. Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang?

Hak dan kewajiban harus seimbang, keduanya sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup masyarakat. Namun, pelaksanaan keduanya harus seimbang agar terwujud keadilan.

4. Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik?

1.  Gunakan peralatan rumah tangga dan kantor hanya yang bersifat hemat energi dan peralatan yang ramah lingkungan. Contohnya sel surya itu hemat energi listrik dan ramah lingkungan. Contoh lampu LED akan lebih hemat listrik dibandingkan lampu listrik balon yang nyalanya tidak terang.

2.  Matikan alat elektronik komputer, air, lampu, dan juga televisi jika sudah tidak digunakan, dan gunakan setrika listrik sesuai dengan kebutuhan.

3. Gunakan lampu hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang seperti pada lampu LED.

4. Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros, sehingga gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya. Mungkin dipulau jawa listrik sudah terpeni, namun di luar jawa akan sangat terasa sekali jika penggunaan energi listri ini boros, akan sering pemadaman bergilir, listrik yang menyala kekurangan daya dengan ciri-ciri lampu menyala tapi tidak terang, dan menyebabkan alat-alat elektronik cepat/mudah rusak karena kekurangan daya/energi listrik.

5.  Mematikan lampu dan peralatan elektronik saat tidur.

 

Sugiyatno

SD Negeri Gatak Tanjungsari

1 komentar: