sajak sajak kehidupan : KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 44-45

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Kamis, 13 Agustus 2020

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 44-45

 

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 PEMBELAJARAN 6

HALAMAN 44-45

1.  Iya, kita memiliki hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari, tetapi kita juga harus dapat mengolahnya dengan baik dan bijak. Karena minyak bumi termasuk SDA yang tidak dapat diperbaharui maka dalam penggunaanya tidak boleh berlebihan karna bisa habis atau lama-kelamaan akan habis.

2. Ketimpangan akan hak dan kewajiban yang terjadi akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan masyarakat. Gejolak tersebut merupakan bentuk ketidak puasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang. Untuk menghindari adanya gejolak pada masyarakat mengenai ketimpangan akan hak dan kewajiban tersebut diperlukan kesadaran secara mendasar pada individu akan kewajiban yang harus dipenuhi guna mendapatkan hak yang pantas dan sesuai atas pelaksanaan kewajiban tersebut.

3.  Minyak bumi merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui maka ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas dan bisa habis. Kewajiban kita sebagai warga Negara adalah menghemat penggunaan minyak bumi. Kita harus menghemat seperti penggunaan gas dengan mengganti dengan kayu bakar, penggunaan bensin pada sepeda motor harusnya dengan menggunakan sepeda agar menghemat BBM.

4.  Jika kita tidak menjalankan kewajiban maka kita tidak berhak menerima hak. Karna kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan atau sesuatu yang wajib dikerjakan.

5.    Beberapa cara memanfaatkan minyak bumi dengan bijak yaitu :

1.menghemat BBM dengan cara bepergian dengan kendaraan umum

2.jika pergi dekat jangan menggunakan sepeda motor yaitu jalan kaki atau bersepeda

3.mengurangi pemakaian kantong plastic dengan cara memakai daun atau kertas

 

 

 

Sugiyatno

SDN Gatak Tanjungsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar