sajak sajak kehidupan : Pengertian, Macam-macam, Kegunaan SDA

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Selasa, 04 Agustus 2020

Pengertian, Macam-macam, Kegunaan SDA

PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM

Disebut Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber Daya Alam (SDA) adalah Segala sesuatu/seluruh bahan/zat seperti misalnya mineral, hutan, air, serta tanah subur, yang ada di alam dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan/keuntungan ekonomi bagi manusia.

SDA BERDASARKAN SIFATNYA

1.    SDA yang Dapat Diperbaharui

Adalah SDA yang bisa dipakai ulang dan tidak akan pernah habis, karena bisa diperbaharui oleh alam secara terus menerus. Walaupun begitu penggunaan SDA harus dilakukan dengan cara bijaksana dan harus dilestarikan.

Misalnya :

a.      Tumbuhan.

Sebagian besar makhluk hidup memerlukan beragam jenis tumbuhan yang menjadi bahan makanan. Walaupun tumbuhan dikonsumsi setiap hari, maka SDA ini bisa diproduksi terus menerus oleh alam atau melalui budidaya pertanian.

b.      Hewan.

Ada banyak SDA dari hewan yang bermanfaat bagi manusia, misalnya daging, kulit, susu, bulu, bahkan kotorannya berguna sebagi pupuk. Beragam jenis hewan bisa bereproduksi dengan cepat dengan cara peternakan, sehingga tak akan habis atau punah.

c.       Air.

Merupakan makhluk hidup di bumi yang memerlukan air untuk hidup. Alam bisa menghasilkan air terus menerus sehingga makhluk hidup tidak akan kekurangan air.

d.      Tanah.

SDA yang satu ini dibutuhkan oleh tumbuhan untuk dapat hidup. Walaupun tanah menyerap unsur hara dari tanah, kualitas serta kesuburan tanah bisa kembali seperti semula melalui proses yang alami atau melalui usaha manusia dalam hal pemupukan, pengairan, dan lainnya.

2.    SDA Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas, sehingga akan habis/punah bila digunakan secara terus menerus. Yang termasuk pada SDA jenis ini yaitu produk tambang.

Contoh SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah :

1. Batu Bara. Adalah hasil tambang yang bisa digunakan manusia sebagai bahan bakar. Alam menghasilkan SDA dari timbunan dan pembusukan sisa tumbuhan, yang dimana prosesnya memerlukan waktu jutaan tahun.

2. Logam. Sumber daya ini tak bisa diperbaharui oleh alam dengan cepat. Beberapa jenis logam ini misalnya emas, besi, aluminium, tembaga, timah, nikel, platina. Logam dibutuhkan oleh manusia untuk membuat beragam jenis benda untuk kebutuhan manusia.

3. Minyak Bumi. Minyak bumi terbentuk dari jasad renik hewan yang tertimbun di waktu ribuan tahun. Untuk memperolehnya harus melalui pengeboran sehingga manusia memperoleh minyak mentah untuk diolah, menjadi bensin, minyak tanah, solar, parafin, dan lain sebagainya.

SDA Berdasarkan Kegunaannya

1. SDA Penghasil Energi

Adalah seluruh kekayaan alam yang bisa menghasilkan energi yang diperlukan oleh manusia. Contohnya :

·       Sinar matahari

·       Air sungai

·       Udara/ angin

·       Gas bumi

·       Ombak laut

2. SDA Penghasil Bahan Baku

Yaitu seluruh kekayaan alam yang bisa digunakan untuk menghasilkan benda/barang yang mempunyai nilai jual/guna. Beberapa hal yang termasuk ke dalam SDA yang memproduksi bahan baku yaitu :

·       Hasil pertanian

·       Hasil hutan

·       Barang tambang

Gunakanlah segala sumber daya alam secara bijak/secukupnya/seperlunya baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui agar sumberdaya alam tidak cepat habis/punah jika digunakan terus menerus. Akan lebih baik lagi jika kita menggunakan/membuat sumber energy alternative agar penggunaan sumberdaya alam dapat dihemat dan dikurangi penggunaannya.

 

Sugiyatno

SDN Gatak Tanjungsari


2 komentar: