sajak sajak kehidupan : Belajar, Belajar dan Belajar Menulis Setiap Hari

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Kamis, 30 April 2020

Belajar, Belajar dan Belajar Menulis Setiap Hari


Belajar, belajar dan belajar menulis setiap hari

Pemateri Dr.Uswadin, M.Pd

RESUME ke 23
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7
Rabu, 29 April 2020

Grup menulis gelombang 7 Seperti biasanya pembelajaran pada hari Selasa, 29 April 2020 oleh bapak Dr. Uswadin, M.Pd. Beliau adalah pernah menjadi guru SMP labschool Jakarta, Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sampai dengan 2019, Pengembang Labchool UNJ. Beliau tinggal di mataram Jakarta Timur, email beliau dinaswa15@gmail.com. Grup menulis gelombang 7 dimulai pada pukul 13.00 – 15.00. Materinya adalah Menulis dan Mencetak Buku Digital.
Bapak Uswadin memulai materinya dengan kata ide, Ide muncul biasanya saat sedang santai dan karena khawatir hilang, maka langsung ambil ballpoin dan buku kecil utk mencatat poin - poin apa yg terlintas dalam kepala. Setelah poin - poin tersebut tertulis maka pada waktu dan suasana yang tepat kita bisa tulis ide tersebut.
Beliau bercerita Tulisan yang telah kita buat maka coba di bagikan ke public, bisa melalui blog kita atau melalui media sosial yang lain seperti fb atau media cetak atau online. Tulisan yang sudah jadi coba kirim ke media on line dan alhamdulillah bisa diterima oleh redaksi. Saya mencoba kirim ke beberapa media on line dan ternyata diterima juga.
Selain media online kita juga mencoba dan memberanikan diri untuk mengirimkan tulisan kita ke media cetak. Ada kebanggaan tersendiri jika tulisan kita dapat dimuat apalagi di surat kabar yang sudah populer atau berskala nasional. Tulisan yang di upload di blog sendiri juga bisa menjadi media informasi kita. Contoh tulisan yang  ditulis di blog pribadi dan bisa di share juga ke medsos kita seperti facebook atau wa grup.
Kalau kita terbiasa menulis maka insya allah kita pun sebagai guru bisa tingkatkan menjadi sebuah buku. Bisa dari buku pelajaran yang kita ampu. Karena kita sering menyampaikan hal2 tsb setiap hari jadi akan mudah dituliskan dalam buku. Pengalaman-pengalaman  dan tulisan-tulisan  yang kita simpan dalam blog maka bisa kita kumpulkan juga menjadi sebuah buku. Dengan menulis kadang  ide-ide  baru muncul dan tidak hanya tulisan, kita pun juga bisa menulis syair lagu yang bisa menjadi sebuah lagu jika dinyanyikan.
Apakah sebuah penelitian bisa dijadikan buku popular? Tentu saja karena kalau hasil penelitian data dan faktanya sudah bisa dikatakan valid. Berbeda dengan yang baru opini saja. Jadi bisa saja dijadikan tulisan populer tinggal pengemasan yang lebih mudah dibaca dan difahami. Carannya antara lain dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Mengambil latar belakang dari penelitian ditulis lagi di bagian pendahuluan dengan bahasa yang simpel saja. Bisa dipecah menjadi dua bab
2. Menyampaikan penemuan penting atau ide penting apa dari penelitian tersebut. Ini bisa di bagi menjadi tiga atau empat bab.
3. Rekomendasi apa dari penulisan tersebut dalam satu bab.
4. Penutup atau kesimpulan jadikan satu bab.
5. Tambahkan gambar atau foto atau data yang membuat tulisan menjadi lebih menarik.
Kesimpulan dari pembelajaran ini adalah perbanyak menulis dan membaca agar ide muncul, jangan lupa tulis ide-ide yang sudah muncul dan buat dulu runtutan dalam konsep baru koreksi dan siap untuk di publikasikan diberbagai media, baik media social maupun media cetak.

Sugiyatno
SDN Gatak Tanjungsari
Keruk II, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul

1 komentar: