Strategi
pemasaran buku
Pemateri
Agus Subardana, S.E.,M.M.
RESUME ke 20
BELAJAR
MENULIS GELOMBANG 7
Kamis,
23 April 2020
Seperti biasanya
pembelajaran pada hari Kamis malam, 23 April 2020 oleh bapak Agus Subardana, S.E.M.M. grup menulis
gelombang 7 dimulai pada pukul 19.00 – 21.00. Materinya adalah Strategi Pemasaran Buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Perkembangan industri
penerbitan buku juga dipicu oleh alasan keuntungan (profit margin) yang relatif
besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi. Saat ini
terdapat 1 328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit
Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan
sisanya sudah tidak aktive lagi.
Dalam rangka untuk
mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat
mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi pemasaran
penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa demikian,
hal ini dapat dilihat dari jenis jenis
buku yang di terbitkan. Jenis jenis buku
yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu
contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu
ada 32 katagori produk buku (Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian,
Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dll).
Dari jenis-jenis katagori
buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi
jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku
berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok,
pesaing dan masyarakat.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam
menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam
faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI
Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai
40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di
kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku
yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran
Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan
berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi
tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
1. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara.
Pemasaran buku lewat Online. Saat ini yang sedang
ngetren dan gencar di dunia maya yaitu Strategi Pemasaran yang banyak di pakai
oleh setiap orang yang sudah mengerti teknologi internet yaitu berpromosi lewat
Online melalui website dan media sosial lainya. Kalau kita sudah mempunyai
produk buku yang jenis katagorinya banyak maka langkah awal kita harus buat website.
Katakanlah website merupakan markas besar untuk sebuah bisnis penjualan buku.
Dengan mempunyai website ini kita dapat merencanakan promosi dalam melancarkan
penjualan buku. Dan website tersebut akan banyak kita isi produk, harga,
promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Untuk penjualan buku
lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita
dapat menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial.
2. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Darat.
Pemasaran serangan darat dikarenakan
membutuhkan waktu tenaga dan tentunya adanya follow up yang terus menerus. Sehingga
keberhasilan ditentukan oleh tenaga penjual yg kita percayakan.
Kesimpulan pertemuan pada malam
hari ini adalah pemasaran buku banyak sekali caranya. Ada dengan menggunakan
cara pemasaran buku serangan udara melalui online melalui dunia maya dengan
website serta melalui dunia maya dengan pemasaran media social komunitas., atau
melalui pemasaran buku serangan darat yaitu melalui tenaga penjual. Yang paling
pentin keberhasilan dalam pemasaran yaitu kita harus ikut aktif untuk
memasarkan buku yang telah kita terbitkan jangan hanya dibebankan atau pasrah
kepada penerbit.
Sugiyatno,
S.Pd
SDN
Gatak Tanjungsari
Keruk
II, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Mntap pak
BalasHapustrimakasih pak Edsa Manora
Hapus