sajak sajak kehidupan : Ekspektasi (Peyek, Pyek Kacang )

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Minggu, 19 April 2020

Ekspektasi (Peyek, Pyek Kacang )


Ekspektasi
(Peyek, pyek kacang )

Dikabupaten Gunungkidul setiap satu tahun sekali selalu ada acara yang namanya Bersih dusun atau Syukuran dusun atau lebih terkenalnya dengan nama Rasulan. Desaku salah satu kecamatan di Gunungkidul juga selalu rutin setiap satu tahun sekali selalu mengadakan Rasulan. Nah kalau Rasulan ini lebih rame dan lebih meriah dari yang namanya Idul Fitri, karna Rasulan ini adat atau kebiasaan turun temurunnya masyarakat Gunungkidul. Dan tentunya makanan saat Rasulan ini sangat banyak dibandingkan saat Idul Fitri. Saat Rasulan seperti biasanya rumahku selalu penuh dengan teman-temanku yang selalu bermain kerumahku. Ya karna gentian kadang kalau ditempat temanku Rasulan maka aku yang main kesana, makanya ini gentian mereka yang kerumahku. Saat itu seperti biasa temanku menunggu ku dirumah karna aku harus ikut pentas menjadi pemain kuda lumping saat acara Rasulan. Mereka menunggu sambil makan-makanan seadanya dan bercerita bersama teman-temanku yang lainnya.
Deka   :”Eko ayo ambil makannya tidak usah malu-malu”,
Eko terdiam karna malu, karna yang pengen mengambil makanan ternyata adalah Deka, tapi karna bercanda jadi Eko yang dijadikan tersangka.
Eko   :”alah kamu itu Ka nggak berani ngambil sendiri, ni mau apa, roma kelapa, tango, apem, wajik, kripik singkong, kr
ipik talas, astor, dll”,
Semua teman-temanpun tertawa karna Eko balik membalas dengan menawarkan semua makannan yang didekatkan ke Deka.
Deka  :”marah, ngambek nie, sambil membuka salah satu kaleng makanan yaitu tango. Setelah    terbuka Deka tidak jadi mengambil malah memberikan pada teman yang lain yang ada didekatnya.
Teman didekatnya penasaran dan membukanya.
Desi     :”Baik banget Ka pasti kamu sudah sering makan tango ya, makanya kamu berikan ke kami, setelah dibuka ternyata isinya bukan wafer tango melainkan peyek kacang”.

Sugiyatno,
SDN Gatak Tanjungsari
Senin, 20 April 2020
04.01 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar