sajak sajak kehidupan : Belut balado cabai merah serta lima kandungan gizi dalam belut

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Minggu, 19 April 2020

Belut balado cabai merah serta lima kandungan gizi dalam belut


Belut balado cabai merah serta lima kandungan gizi dalam belut


Dari kecil aku suka sekali dengan yang namanya belut, biasanya aku dan kakakku suka sekali mencari atau memancing belut disawah. Biasanya saat memancing belut kadang-kadang malah dapat ikan gabus kecil kalau ditempat ku namanya kutok. Belut ini enak dimasak apapun saja dari digoreng biasa, dijadikan keripik, di rebus, tapi yang paling aku suka adalah dibalado dengan cabai merah, hem nyami enak sekali.

BAHAN-BAHAN MEMBUAT BELUT BALADO CABAI MERAH
BAHAN DAN BUMBU
1.    500 gram belut ukuran sedang
2.    1 buah jeruk nipis diperas dan ambil airnya
3.    1/2 sendok teh garam
4.    Kurang lebih 50 ml air
5.    2 atau 3 lembar daun salam sesuai selera  
6.    1 ruas jari lengkuas
BAHAN BUMBU DIHALUSKAN
1.    17 -21 buah cabai keriting merah (sesuaikan selera jika suka pedas bisa 21, jika tidak suka boleh 17)
2.    5 buah cabai merah ukuran besar
3.    5 siung bawang merah
4.    4 siung bawang putih
5.    1 sendok teh garam
6.    1/2 sendok teh gula pasir jika anda suka yang pedas jika tidak gunakan 1 sendokteh gula pasir
7.    1 sendok teh penyedap rasa
CARA MEMBUAT BALADO BELUT PEDAS DAN NIKMAT SERTA KOMPLIT DAN SEDERHANA CARA MEMASAK
1. Belut terlebih dahulu dibersihkan paling mudah membersihkannya pakai silatan hihi jaman sekarang sudah jarang ya tetap pakai pisau saja biar aman, buang bagian isi perutnya, kemudian potong sesuai selera anda, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis ini berfungsi agar tidak terlalu bau amis dan juga garam, lalu diamkan sekitar 10 menit.
2.  Setelah itu panaskan minyak goreng samapi mendidih, kemudian goreng belut hingga setengah matang, angkat dan sisihkan.
3.  Selanjutnya panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan dan bumbu yang dihaluskan, kemudian tambahkan lengkuas, lalu daun salam, masak hingga harum.
4.  Langkah terakhir masukan belut yang sudah digoreng setengah matang tadi, aduk-aduk hingga merata dan hingga matang.
5.  jadilah dan siap dinikmati belut belut balado cabai merah dan selamat mencoba dan mencicipinya.

5 KANDUNGAN GIZI DALAM BELUT
1.  Kaya/Tinggi Akan Protein
Belut ini tinggi kandungan proteinnya. Jika kita memakan satu porsi belut, kita sudah bisa memenuhi protein harian yang berada di angka 20 gram. Anak-anak, remaja, dan ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi belut karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk janin di dalam kandungan ibu hamil teman. Protein juga membantu kesehatan otot dan saraf-saraf tubuh.
2.  Sumber Arginin
Arginin yang terkandung dalam belut memiliki fungsi penting untuk menghambat  pertumbuhan sel kanker payudara. Bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat, disarankan untuk mengonsumsi belut karena makan belut dapat menurunkan risiko serangan jantung dan juga penyempitan pembuluh darah.
3.  Sumber Kalori Dalam Jumlah Yang Tinggi
Belut merupakan sumber kalori yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, belut akan sangat bermanfaat dalam mengisi tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari Anda. Bahkan, karena tingginya kandungan kalori dalam belut, bisa disetarakan dengan kandungan karbohidrat di dalam nasi.  
4.  Kaya Akan Vitamin
Vitamin yang terkandung dalam belut diantaranya yaitu vitamin A yang terkandung pada belut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kesehatan sel reproduksi. Dan vitamin B pada belut juga dapa meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan fungsi enzim.
5.  Memiliki Zat Besi yang tinggi
Salah satu kandungan yang bisa ditemukan di dalam daging belut lainnya adalah zat besi. Selain bisa mencegah anemia, keberadaan kandungan ini juga bisa membantu menjaga kecukupan sel-sel darah merah di dalam pembuluh darah.


Sugiyatno
SDN Gatak Tanjungsari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar