sajak sajak kehidupan : Menulis artikel di majalah suara

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Selasa, 14 April 2020

Menulis artikel di majalah suara


Menulis artikel di majalah suara
Pemateri Dr.Jejen Musfah, M.A

RESUME   ke 13
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7
Selasa, 14 April 2020
Narasumber     : Dr.Jejen Musfah, M.A
Materi              : Menulis Artikel di Majalah PGRI

Pembelajaran pada hari Selasa malam, 14 April 2020 oleh bapak Dr.Jejen Musfah, M.A grup menulis gelombang 7 dimulai pada pukul 19.00 – 21.00 . Materinya adalah Menulis Artikel di Majalah PGRI.
Diawali dengan perkenalan bapak Dr.Jejen Musfah, M.A dan langsung di berikan alamat email majalah suara guru PB PGRI yaitu majalah.suaraguru@gmail.com. Bilau langsung kemateri. Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yg terjadi. Artinya opini tidak akan pernah kehilangan topic. Kebijakan dan fakta akan pendidikan disekitar kita akan selalu hadir. Tapi tidak semua berhasil menangkap momentum tersebut dan menanggapinya.
Guru adalah praktisi. Majalah yang setua PGRI sendiri sudah puluhan tahun berdiri. Tulisan bisa dimuat di online dan offline. Dan kerennya adalah cetak 5000 eksemplar. Dibagikan ke hampir 34 provinsi. Rubriknya beragam, berisi Opini. Resensi. Sastra. Destinasi. Dll
Ayo saat kita menulis di majalah guru, untuk mengirim artikel ke redaksi syaratnya sangat mudah hanya menyebutkan status dan foto diri. Tulisannya bisa sesuai rubrik di atas berisi Opini. Resensi. Sastra. Destinasi. Dll. Untuk mengirim opini maksimal 1000 kata. Kirim ke majalah.suaraguru@gmail.com. Boleh 1 orang mengirimkan beberapa artikel ke majalah PGRI. Yang perlu diingat! Mengirim artikel ke Suara guru PGRI  tidak ada biaya dan Tidak diberi Honor. Jika keuangan memadai mungkin kedepannya akan diberi Honor.
Apa tema tulisan yang paling disukai untuk dimuat di majal PGRI yaitu semua tentang pendidikan yang muthakhir. Artikel yang sudah dimuat baik secara online di website PGRI dan di majalah PGRI tidak boleh dikirimkan ke media cetak lain. Tulisan yg dikirim ke majalah guru baik itu untuk sastra, cerpen, puisi diutamakan yang bertema kependidikan.
Naskah yang dikirim secara online dalam hitungan jam bisa terbit, namun utnuk majalah 2 bulan sekali. Untuk mengetahui artikel dikatakan bagus dengan cara Baca opini2 di surat kabar nasional, gagasan orisinil, dan bukan plagiat. Untuk mengetahui  naskah kita sudah diterbitkan bisa lihat web atau dikirim link nya oleh tim. Ayo saatnya kita menulis dan membuat artikel dan dikirimkan ke majalah suara guru PGRI dan memajukannya, jangan takut bagus atau buruk tulisan kita kirim saja maka kita kan tahu tulisan kita baik atau buruk. Jangan lupa banyak membaca opini, puisi, cerpen, dll dari Koran nasional atau web agar menjadi penulis yang baik. Ingat penulis yang baik adalah mereka para pembaca yang baik.

Sugiyatno
SDN Gatak Tanjungsari
Keruk II, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar