sajak sajak kehidupan : Menulis Cepat dan Tepat di Media Luring dan Daring

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Senin, 20 April 2020

Menulis Cepat dan Tepat di Media Luring dan Daring


Menulis cepat dan tepat di media luring dan daring
Pemateri Catur Nurochman Oktovian

RESUME   ke 17
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7
Senin, 20 April 2020
Narasumber     : Catur Nurochman Oktovian
Materi              : Menulis Cepat dan Tepat di Media Luring Dan Daring

Seperti biasanya pembelajaran pada hari Senin malam, 20 April 2020 oleh bapak Catur Nurochman Oktavian grup menulis gelombang 7 dimulai pada pukul 19.00 – 21.00. Materinya adalah Menulis Cepat dan Tepat di Media Luring Dan Daring.
Dalam dunia kepenulisan langkah pertama yaitu kita harus mengalahkan dua musuh utama dalam menulis. Yaitu rasa takut dan malas. Takut kenapa ya biasanya takut tulisannya jelek, takut dicela, takut tulisannya sudah basi, dll. Nah rasa takut yang seperti inilah yang menghambat kita memulai menulis.
Seorang penulis yang baik biasanya adalah pengamat dan pencatat yang baik. Karena terbiasa mencatat apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan dan kemudian dituangkan menjadi tulisan. Dan penulis yang baik tidak membutuhkan “mood”. Karna tidak ada alas an tidak menulis karna tidak ada “mood”. ada mood atau tidak ada mood harus tetap menulis. Mood  harus disingkirkan dari pikiran kita jika menghambat kerja otak dalam menulis. Sekarang kita baying jika para pekerja seperti, wartawan, kolumnis, dan redaktur kerja harus berdasarkan mood bisa harcur dan tamat alias the end karirnya saat itu juga.
Isaasc Asimov, seorang penulis fiksi ilmiah yang memiliki reputasi bagus, mengakui bahwa cara ia menulis adalah simple dan apa adanya. Menulislah dengan simple dan apa adanya. Menulis hal yang actual dan sesuai dengan gaya selingkuh media yang akan dituju, menjadi kunci sebuah tulisan diterbitkan. Menulis dengan simple dan apa adanya berarti jadilah dirimu sendiri ketika dirimu menulis.
Bagaimana caranya menemukan gaya atau menjadi diri sendiri ketika menulis? Tentu dengan banyak menulis dan membaca untuk mempelajari gaya tulisan orang lain atau copy the master. Jangan paksakan untuk menulis sesuatu yang berlebihan diluar gaya/kesukaan anda. Menulislah sesuai dengan apa yang anda suka maka semua akan mengalir secara sederhana dan dengan cara anda. Salah satu factor yang membuat orang tidak mampu menghasilkan tulisan yang baik adalah karena mencoba memasukan kata/akalimat yang membuat pembaca tidak paham pesan apa yang dimaksut penulis. Menulis adalah untuk dibaca, maka pesan dalam tulisan harus jelas dapat dipahami oleh pembaca dan gunakan kalimat yang simple. Maka tujuan pesan akan tersampaikan kepada pembaca.
Dalam menulis jangan takut tulisan ditolak atau dianggap jelek. Setiap kali menulis perbaiki dan terus kirim dan menulis. Jika anda menulis tidak diterima di redaksi mungkin tulisan kurang actual, atau spece dalam edisi sudah penuh. Masih banyak waktu untuk memperbaiki draf tersebut dari pada tidak ada draf sama sekali.

Kesimpulan resume kali ini
1.    Menulis dengan percaya diri sesuai dengan hobi atau kesukaan serta simple jangan bertele-tele dan apa adanya, berarti anda sudah menjadi dirimu sendiri dalam  hal menulis.
2.  Dalam menulis jangan takut tulisan anda jelek atau tulisan ditolak yang ada tulisan anda belum diterima dan belum sempurna, masih banyak waktu untuk memperbaiki dan koreksi. Semangat dan terus perbanyak menulis dan membaca untuk mempelajari gaya tulisan orang lain atau copy the master maka anda akan jadi master yang sesungguhnya dalam kepenulisan.

Sugiyatno
SDN Gatak Tanjungsari
Keruk II, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

2 komentar: