sajak sajak kehidupan : SEMUR JENGKOL

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Senin, 13 April 2020

SEMUR JENGKOL


SEMUR JENGKOL

Semur jengkol bahan dasar pembuatan :
1.    Jengkol yang di yang digprek dan direndam dulu selama 1 hari satu malam. Biar empuk dan saat dikasih bumbu bisa meresap dan mak nyus rasanya
2.    Garam secukupnya
3.    Kecap manis
4.    Minyak goring secukupnya
5.    Pala
6.    Gula pasir/gula jawa tergantung selera
7.    Air secukupnya
Bumbu
1.    Bawang putih
2.    Kemiri
3.    The jintan jika ada
4.    Merica
5.    Pala
6.    Cabai
Cara memasak
1.    Rebus air hingga mendidih
2.    Masukan jengkol yang sudah empuk dari rendaman 1 hari satu malam atau sesuai selera asal jengkol sudah empuk
3.    Tambahkan air mendidih secukupnya
4.    Masak hingga bumbu meresap
5.    Masak sampai air benar – benar menyusut dan dianggap pas, angkat dari kompor dan sajikan dalam piring dan jreng semur jengkol ala sef siap dinikmati.
Jengkol hem nyami, sebelum laper mari kita lanjut ke manfaatnya yuk. Siapa yang nggak tahu jengkol si, makanan lezat banyak manfaat dan kandungan gizi ya walau ada beberapa kelemahan si baunya yang agak gimana gitu. Tapi memang tidak ada yang sempurna ya, karna kesempurnaan hanya milik yang Kuasa ya gays.
4 Manfaat yang terkandung dalam jengkol
1.    Menurunkan kolesterol
Sudah tahu kan kandungan tannin dan saponin yang ada pada jengkol bekerja menghambat penyerapan asam empedu yang disintesa dari kolesterol oleh usus halus. Untuk menambal kehilangan asam empedu ini, hati kemudian mengubah kolesterol yang telah ada di dalam tubuh menjadi asam empedu sehingga kadar kolesterol dalam darah Anda akan ikut turun.
2.    Menangkal radikal bebas
Kandungan flavonoid dalam jengkol terbukti dapat menangkan radikal bebas yang mungkin masuk ke tubuh. Radikal bebas sendiri diasosiasikan sebagai salah satu penyebab terjadinya penyakit kronis, termasuk kanker.
3.    Mematikan Bakteri jahat
 Hasil penelitian mengungkap manfaat jengkol lainnya sebagai pembasmi bakteri jahat yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Bakteri tersebut misalnya Streptococcus mutans (dapat mengakibatkan pengeroposan gigi), Staphylococcus aureus (pneumonia), dan Escherichia coli (diare). Manfaat-manfaat tersebut didapat dari kandungan tanin dan flavonoin pada jengkol.
4.    Mengobati Luka Bakar
Tanin terbukti memiliki sifat antibakteri dan antiseptik sehingga dapat menghindarkan luka bakar dari infeksi sekaligus mempercepat kesembuhannya.


Sugiyatno
SDN Gatak Tanjungsari Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar