sajak sajak kehidupan : MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU

IKLAN ELEKTRONIK DAN MAKANAN

Senin, 13 April 2020

MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU


MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU
BAPAK  Wijaya  Kusumah
Resume
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7
Sabtu, 11 April 2020
Narasumber          : wijaya  kusumah
Materi                      : Meluruskan niat menerbitkan buku

Pembelajaran pada hari Sabtu malam minggu, 11 April 2020 oleh bapak Wijaya Kusuma grup menulis gelombang 7 dimulai pada pukul 19.00 – 21.00 . Materinya adalah Meluruskan Niat Menerbitkan Buku.
Materi kali ini membahas tentang Meluruskan Niat Menerbitkan Buku dengan nara sumber pak Wijaya Kusumah atau lebih dikenal dengan sebutan om Jay. Pak Wijaya Kusumah siapa hayo yang tidak kenal beliau? Bapak Wijaya Kusuma atau om Jay adalah seorang guru TIK sekaligus sebagai Dosen di STMIK Muhammadiyah Jakarta. Selain sebagai teacher, beliau juga sebagai seorang motivator, trainer, writer, blogger, fotografer, dan pembicara nasional. Banyak sekali prestasi yang telah diraih. Buku hasil karya beliau pun sudah banyak beredar.
Penyampaian materi dari Omjay melalui berbagai media atau cara. Yaitu melalui PPT, Youtube, blog, dan pesan suara. Dari keseluruhan materi yang disampaikan melalui berbagai media tersebut, dapat diringkas sebagai berikut :
1.    Program Belajar Menulis di WA Group
Program belajar online yang dipimpin oleh Omjay ditargetkan 20 kali pertemuan. Peserta tidak dipungut biaya. Narasumber yang mengisi pembelajaran online tersebut dijadwal secara bergantian. Narasumber berprofesi sebagai trainer, motivator serta guru prestasi. Dalam satu gelombang, terdiri dari 256 peserta. Peserta akan mendapatkan sertifikat 40 jam pelajaran, dengan syarat mengumpulkan resume selama 20 kali pertemuan dan beberapa tantangan menulis dari om Jay. Resume dan tantangan menulis dari om Jay tersebut dikirim ke alamat email Omjay. Selain itu, peserta diharapkan memiliki blog, sehingga materi bisa dibaca oleh orang lain sekaligus rasa berbagi agar orang lain yang tidak mengikuti bisa mendapatkan ilmu dan bisa tahu.
2.    Kesempatan Menjadi Penulis
Semua orang sebenarnya mempunyai kesempatan untuk menjadi penulis buku best seller. Buku yang bisa laku di manca negara. Asalkan, isinya buku tersebut menarik perhatian para pembaca dan dapat menginspirasi semua pembaca untuk mengambil pesan penting atau hikmah dari isi buku tersebut. Ada tujuh langkah yang perlu diperhatikan agar bisa menjadi penulis, yaitu :
a.  Ingin menjadi penulis
b.  Terus berlatih
c.  Mulailah menulis
d.  Motivasi diri untuk menulis
e.  Pahami Teknik penulisan buku
f.  Kenali Bahasa penulisan buku
g.  Lakukan riset menyeluruh

3.    Proses Menerbitkan Buku
Dalam menerbitkan buku kita harus menyelesaikan penulisan terlebihdulu. Sesuai dengan yang disampaikan oleh Omjay Menulislah tiap hari dan buktikan apa yang terjadi Apabila menulis sudah menjadi kebiasaan, maka kita akan bisa menulis dan bisa menghasilkan buku. Buku yang kita tulis dan diterima oleh penerbit mayor akan diterbitkan tanpa harus membayarnya, bahkan malah kita yang akan mendapatkan royalty dari buku yang kita terbitkan tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerbitkan buku :
a.  Editing
b.  Sebelum ke penerbit harus dicek terlebih dahulu
c.  Membuat kata pengantar dan daftar isi

Program belajar menulis secara online ini memiliki target, yaitu para peserta dapat menyusun dua buah buku. Buku pertama isinya tentang resume dari materi yang diajarkan selama belajar online. Buku kedua merupakan buku tema bebas yang ditulis oleh para peserta sesuai passion masing-masing.


Sugiyatno, S.Pd
SDN Gatak Tanjungsari
Keruk II, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar